membeli rumah

Seserina – Jika ditanya, kapan waktu terbaik untuk memikirkan membeli atau membangun rumah, maka jawabannya mulai saat ini. Ketika Anda telah berkeinginan untuk memiliki rumah, maka pada saat itulah Anda perlu mulai mewujudkan memiliki rumah.

Sekalipun saat ini Anda baru berumur 20 tahun, tidak masalah. Di bawah umur 20 tahun juga tidak masalah. Karena pada dasarnya rumah adalah kebutuhan paling pokok manusia setelah makanan dan pakaian tentunya.

Berapakah Usia yang Tepat Dianjurkan untuk Membeli Rumah?

Rumah memang tergolong kebutuhan primer. Itulah mengapa setiap insan yang telah cukup umur perlu memikirkan untuk memiliki rumah sendiri. Jika bertanya tentang usia berapa yang ideal untuk membeli rumah, maka jawabannya adalah pada usia produktif.

Usia produktif ini dimulai pada usia di mana seseorang tersebut masih memiliki banyak tenaga, sehingga mampu bekerja dan menghasilkan sesuatu yang berharga juga bernilai rupiah.

Biasanya usia tersebut berada dalam rentang 20 hingga 30 tahun. Jadi, bagi Anda yang kini telah memasuki usia 20 tahun sebaiknya mulai sekarang memikirkan bagaimana caranya untuk bisa memiliki rumah. Caranya tentu dengan menabung mulai sekarang juga.

Jika Anda berminat untuk membeli rumah melalui KPR, maka usia yang tepat untuk memulai mencari dan mengurus surat-surat kepemilikan rumah yang Anda incar adalah pada saat Anda berumur 21 tahun.

Kenapa? Karena bank mematok usia minimum pengajuan angsuran KPR pada usia 21 tahun atau sudah menikah. Artinya, meskipun Anda berusia kurang dari 21 tahun, namun telah menikah dan memiliki uang atau penghasilan yang disetujui oleh pihak bank yang bekerja sama dengan developer perumahan incaran Anda, Anda sudah dapat mengajukannya.

Meskipun usia terbaik untuk membeli rumah adalah pada usia produktif, bukan berarti Anda yang kini telah berada pada usia matang atau berumur 40 lebih tidak memiliki kesempatan untuk memiliki rumah. Faktanya rumah adalah kebutuhan setiap orang. Jadi berapapun usia Anda saat ini, Anda patut mengejar dengan cara menabung untuk memilikinya.

Berapakah Jumlah Tabungan yang Perlu Disediakan Untuk Dapat Memiliki Rumah?

Pertanyaan yang kemudian muncul setelah berapa usia yang pas untuk membeli rumah adalah pertanyaan berapa jumlah tabungan yang perlu disediakan untuk dapat memiliki rumah. Pada dasarnya, jawaban untuk pertanyaan tersebut akan bervariasi, tergantung rumah seperti apa yang Anda incar dan berapa pendapatan Anda perbulan.

Bagi Anda yang bergaji di bawah Rp 3 juta sebulan pun sudah bisa menabung mulai sekarang. Paling tidak Rp 250 ribu per bulan. Meskipun dengan jumlah tabungan tersebut akan lebih lama untuk memiliki rumah, tidak apa-apa. Yang penting terus menabung dan berusaha. Jika memungkinkan, cari pekerjaan atau usaha sampingan yang dapat menambah jumlah pendapatan bulan Anda.

Pendapatan atau gaji satu orang dengan yang lainnya tidaklah sama. Paling tidak untuk ukuran menabung demi bisa membeli rumah, Anda perlu mempersiapkan sekitar 5%  hingga 10% dari penghasilan bulanan Anda. Misalnya, gaji Anda perbulan 6 hingga 7 juta, maka setiap bulan Anda perlu rutin menabung senilai Rp 600 hingga Rp 800 ribu. Jika gaji atau pendapatan Anda lebih dari Rp 7 juta itu bisa membuat Anda lebih cepat memiliki rumah. Tentu jika Anda rajin menabung.

Jika dirasa kurang memungkinkan untuk segera membeli rumah, Anda dapat mengontrak dulu misalnya. Sebagai gambaran untuk berapa harga kontrakan saat ini, Anda dapat mengunjungi halaman berikut https://www.rumah.com/rumah-disewa .

Tidak hanya rajin menabung. Anda pun mulai sekarang sudah perlu memikirkan rumah seperti apa yang Anda inginkan yang sesuai dengan kemampuan finansial. Apakah Anda akan membangun sendiri rumah dengan mencari lahan terlebih dahulu, membeli rumah sudah jadi atau membeli rumah di perumahan, Anda bisa memilih sesuai dengan pertimbangan-pertimbangan yang telah Anda lakukan sebelumnya.

Untuk Anda yang memiliki dana terbatas, rumah di perumahan bisa menjadi solusi yang tepat. Apalagi saat ini banyak perumahan yang dapat dibeli dengan sistem KPR dan subsidi dari pemerintah. Tidak hanya itu, saat ini telah banyak tersedia perumahan yang bisa Anda pilih, mulai dari yang paling murah tapi sederhana sampai yang paling mahal dan mewah dengan fasilitas lengkap.

Rumah terbaik untuk Anda yang memiliki pendapatan yang tidak terlalu tinggi (di bawah Rp 10 juta) adalah rumah yang tidak terlalu mahal merupakan pilihan yang terbaik. Anda bisa memilih rumah dengan harga sekitar Rp 150 juta hingga Rp 200 juta. Jika Anda memilih membeli rumah di perumahan dengan sistem kredit, Anda perlu menyediakan uang muka sebesar 20%-30% dari total harga rumah tersebut. Atau sekitar Rp 30 juta hingga 45 juta.

Pertanyaannya sekarang, butuh berapa lama Anda menabung untuk mendapatkan uang sebesar Rp 30 juta hingga 40 juta untuk dana awal membeli rumah dengan sistem kredit tersebut? Tentu jawaban dari pertanyaan ini hanya Anda sendiri yang mampu menjawabnya. Karena faktanya setiap orang memiliki kemampuan finansial dan kedisiplinan menabung yang berbeda-beda. Intinya, semakin banyak pendapatan Anda dan nominal tabungan tiap bulan yang Anda galakkan, maka akan semakin cepat impian Anda untuk memiliki rumah idaman akan terealisasi.