Alasan Banyak Artis Tanah Air yang Terjun Ke Dunia Politik

Partai politik atau parpol memegang peran penting bagi bangsa Indonesia dalam sistem pemerintahan negara demokrasi. Menjelang pemilu parpol melakukan berbagai strategi agar menarik perhatian pemilih. Salah satunya dengan mencalonkan publik figur sebagai anggota partai, calon legislatif, dan calon pemimpin daerah.

Publik figur yang sudah memiliki nama dan pengikut atau penggemar akan lebih memudahkan untuk mendapatkan partisipasi dari pemilih. Pada periode pemilu 2024 kali ini banyak artis yang memutuskan bergabung dengan berbagai partai untuk maju menjadi peserta pemilu. Tetapi apa alasannya artis tanah air terjun ke dunia politik? Berikut ini adalah alasannya:

1. Bisa mendongkrak popularitas partai

Artis yang sudah memiliki popularitas dan sejumlah penggemar yang banyak, diyakini bisa mendongkrak popularitas partai. Para penggemar masing-masing diharapkan akan memberikan nilai tambah bagi parpol. Artis juga dijadikan oleh parpol sebagai strategi agar partai lebih mudah dekat dengan masyarakat. Parpol butuh sosok yang dekat dan bisa berkomunikasi dengan masyarakat. Adapun alasan lainnya artis terjun di dunia politik adalah karena karir keartisannya sudah mulai meredup, sehingga mereka memilih untuk terjun ke ranah politik.

Popularitas dari artis untuk berpolitik juga menimbulkan image baru yang menandakan keseriusan para artis untuk menampilkan kemampuan dan intelektualitas dalam berpolitik. Dengan popularitas dari artis tidak hanya menarik perhatian masyarakat tetapi juga parpol untuk mengajak para artis untuk bergabung dengan partainya.

2. Krisis Kaderisasi pada partai

Dengan keterlibatan artis untuk menjadi kader politik menjadi cerminan keadaan kaderisasi partai politik di Indonesia. Parpol yang memilih artis sebagai calon pemimpin daerah atau calon legislatif yang bukan dari kadernya, bisa diindikasikan adanya krisis kaderisasi yang terjadi pada parpol tersebut. 

3. Untuk Memperjuangkan Suatu Kepentingan

Beberapa pesohor yang telah terpilih menjadi anggota parlemen, biasanya akan menyuarakan kepentingan mewakili kelompok profesinya masing-masing. Contohnya seperti musisi yang memperjuangkan hak-hak para musisi, yang mempersoalkan royalti yang selama ini masih diperdebatkan oleh para musisi. Semua kepentingan itu dapat diperjuangkan melalui kursi legislatif. Walaupun tujuan politik dari masing-masing artis tersebut memiliki keyakinan bahwa mereka akan berbuat lebih baik demi kepentingan rakyat dan bangsa.

4. Membawa Misi untuk Daerah

Para pesohor maju dalam politik untuk membawa misi dari dapilnya masing-masing. Misinya adalah untuk pembangunan daerah mereka yang masih kurang. Hal tersebut mendorong para pesohor untuk terlibat untuk membangun daerah.

5. Kecakapan Politik

Kecakapan politik artis sangat diyakini dapat melaksanakan tugas serta tanggung jawab politik dan juga karena mendapat dukungan dari rakyat. Para artis juga dikenal dengan komunikasi yang baik, sehingga dapat berkomunikasi dengan baik dengan masyarakat.

6. Kemampuan Ekonomi

Para artis Indonesia terkenal dengan pendapatan yang tinggi dan kemampuan ekonomi yang baik. Dengan kemampuan tersebut maka memberikan kesempatan yang lebih besar bagi para artis untuk dapat terjun di dunia politik. Selain itu, dengan penghasilan yang besar berharap dapat menepis anggapan dari masyarakat bahwa artis yang terlibat dalam politik tidak untuk mengejar uang. 

7. Identifikasi Diri

Identifikasi diri sangat terkait dengan profesi keartisannya. Sebagai penggelut dunia seni para artis juga mengakui diri mereka memiliki sensitivitas yang tinggi. Dengan rasa sensitivitas para artis berkeyakinan dapat merasakan dan merespon aspirasi yang muncul dari masyarakat yang berkaitan dengan isu-isu sosial yang sedang terjadi.

Intinya siapa saja yang menjadi anggota parlemen dan pemimpin daerah, yang penting menjunjung tinggi keadilan, kejujuran, dan mengedepankan kepentingan masyarakat dibandingkan pribadi. Sehingga dapat terhindar dari tindak pidana korupsi. Agar kita sebagai pemilih dapat menentukan pilihan dengan tepat, maka penting untuk membekali diri dengan informasi terkait sikap antikorupsi dan politik integritas  yang bisa didapatkan dari website https://aclc.kpk.go.id/.

Source:

https://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/fenomena-selebritis-yang-terjun-ke-dunia-politik-ada-yang-kapok-hingga-awet-belasan-tahun-benarkah-hanya-bermodal-ketenaran-81174a.html

https://lib.ui.ac.id/detail.jsp?id=80072