cara mencegah penularan gonore

Berbagai macam gangguan kesehatan yang berhubugan dengan alat reproduksi tentunya tidak boleh kamu sepelekan. Pasalnya, penularan penyakit yang menyerang organ intim bisa terjadi dengan cepat dan tanpa ditandai dengan gejala apapun. Termasuk penyakit gonore.

Menurut Media Kesehatan Terpercaya, gonore merupakan penyakit menular seksual yang terjadi karena bakteri gonococcus atau Neisseria gonorrhoeae. Biasanya, kemunculan bakteri ini ada pada cairan Miss V atau Mr. P yang telah terinfeksi. Infeksi bakteri ini nyatanya tidak hanya menyerang leher rahim, uretra dan dubur, melainkan juga bisa ditemukan pada tenggorokan dan mata.

Penularan penyakit ini paling sering terjadi karena pasangan yang berhubungan intim dengan cara anal atau oral, atau penggunaan sex toys yang telah terkontaminasi. Bahkan, infeksi gonore bisa terjadi pada bayi apabila sang ibu telah tertular penyakit tersebut. Khusus pada bayi, infeksi sering menyerang mata dan bisa menyebabkan kebutaan secara permanen.

Gejala Gonore

Pria dan wanita yang mengalami infeksi umumnya mengaku tidak merasakan gejala apapun, sehingga penularan penyakit gonore terjadi tanpa disadari. Akan tetapi, munculnya gejala bisa lebih mudah dikenali pada pria dibandingkan dengan wanita. Ini karena gejala yang muncul pada wanita cenderung tidak begitu jelas, sehingga sulit untuk dideteksi.

Sederhananya, apabila kamu merasakan sakit saat buang air kecil dan disertai dengan keluarnya cairan kental mirip nanah berwarna hijau atau kuning dari alat kelamin, bisa jadi kamu terindikasi penyakit gonore.

4 Cara untuk Mencegah Penyakit Gonore

Agar kamu bisa terbebas dari ancaman penyakit gonore, berikut adalah lima cara yang bisa kamu terapkan untuk mencegah penularannya. Antara lain:

Setia Hanya pada Satu Pasangan

Bergonta-ganti pasangan saat seks atau seks bebas jelas bisa meningkatkan risiko terkena penyakit menular seksual, salah satunya gonore. Cara terbaik melakukan pencegahan penyakit tersebut adalah senantiasa setia pada satu pasangan.

Kamu mungkin pernah mendengar ungkapan, jika berhubungan seks dengan seseorang, otomatis kamu juga berhubungan seks dengan partnernya di masa lalu. Semakin sering bergonta-ganti pasangan seks, maka semakin besar pula kemungkinan risiko penyakit menular seksual dari partner kamu.

Gunakan Kondom saat Berhubungan

Menggunakan kondom saat melakukan seks merupakan cara pencegahan penyakit gonore yang memiliki tingkat efisiensi mencapai 98%. Penggunaan kondom adalah suatu keharusan apabila kamu tidak mengetahui status kesehatan partner seksual kamu.

Pasalnya, banyak orang yang tidak jujur dan terbuka dengan kondisi kesehatannya ketika berhubungan seks, sehingga penggunaan kondom menjadi wajib saat berhubungan.

Lakukan Cek Rutin Status Kesehatan Kamu dan Pasangan

Bagi orang yang aktif dalam berhubungan seks, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan gonore secara berkala.

Kelompok yang memiliki risiko penyakit ini ialah termasuk seseorang yang baru menjalani hubungan dan akan berhubungan seks, seseorang yang mempunyai banyak penyakit, atau seseorang yang pasangannya menderita IMS tertentu.

Lelaki yang berhubungan seks dengan sesama lelaki pun dianjurkan untuk mengecek kesehatannya secara rutin, termasuk pemeriksaan penyakit gonore.

Tidak Melakukan Seks Jika Pasangan Menunjukkan Gejala

Jika pasangan atau partner seksual kamu menunjukkan gejala infeksi menular seksual (IMS), maka kamu dianjurkan untuk menunda berhubungan intim terlebih dahulu.

Gejala yang bisa diidentifikasi yaitu ruam dan luka pada area genital pasangan atau pasangan mengaku mengalami sensasi terbakar saat buang air kecil.

Itulah ulasan mengenai empat cara pencegahan penyakit menular gonore yang bisa kamu terapkan bersama dengan pasangan. Selain gonore, masih banyak infeksi menular seksual lainnya yang wajib diwaspadai. Kamu bisa mencari tahu lebih banyak seputar kesehatan seksual atau lainnya di SehatQ.com.

Berasal dari sumber dan ahli yang terpercaya, membuat informasi yang dimuat pada media kesehatan tersebut dijamin akurat. Atau bisa juga mengunjungi RomanXa.id untuk mengetahui artikel seputar tips bercinta, kesuburan dan kontrasepsi dan sebagainya. Ingin tahu informasi akurat tentang dunia kesehatan? Kunjungi SehatQ.com sekarang juga!