penyebab haid tidak lancar

Apakah Anda mengalami haid tidak lancar dan merasa terganggu karenanya? Jika jawabannya ‘Ya’, maka Anda berada di artikel yang tepat, karena kami akan mengulas tentang mengapa haid menjadi tidak lancar beserta cara mengatasinya.

Penyebab haid tidak lancar bisa terjadi karena beberapa hal atau kondisi yang memicu siklus haid jadi terganggu. Seperti diketahui, setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Namun siklus haid dikategorikan normal adalah antara 25 sampai 38 hari.

Haid yang tidak lancar faktor utamanya adalah hormon estrogen dan progesteron yang kadarnya tidak seimbang di dalam tubuh. Selain itu, ada beberapa faktor lagi yang membuat siklus haid kacau. Lalu bagaimana juga cara mengatasi haid yang tidak lancar?

Penyebab Haid Tidak Lancar

Haid tidak lancar terjadi karena beberapa hal seperti berikut ini.

  • Terjadi perubahan drastis pada berat badan seperti penurunan yang terlalu banyak dan juga kenaikan bobot tubuh yang terlalu tinggi.
  • Perasaan stress yang berlangsung lama dan juga karena kondisi emosi yang sedang tidak stabil.
  • Kelainan pola makan yang disebabkan oleh kondisi penyakit anoreksia atau bulimia.
  • Melakukan olahraga ekstrem untuk meningkatkan stamina ataupun karena sedang mengikuti olimpiade sebagai seorang atlet.
  • Menderita penyakit tertentu seperti mioma atau endometriosis.

Mengatasi Haid Tidak Lancar

Setelah mengetahui berbagai penyebab haid tidak lancar, Anda juga harus paham apa saja cara yang dapat membantu mengatasi siklus haid kembali normal.

Miliki Berat Badan Ideal

Salah satu pemicu haid yang tidak lancar adalah karena berat badan berlebih atau berkurang di bawah batas normal. Oleh karena itu, pastikan berat badan Anda tetap normal tanpa harus diet secara ekstrem.

Anda bisa ukur batas berat badan ideal dengan aplikasi. Sedangkan untuk memiliki berat badan ideal kembali Anda bisa ke dokter umum atau dokter gizi. Tanyakan bagaimana meraih batas angka ideal berat badan.

Lakukan Olahraga Teratur

Mengembalikan berat badan yang normal bisa juga dengan melakukan olahraga. Ada banyak pilihan olahraga untuk mengontrol berat badan yang bisa Anda lakukan. Anda bisa memilih olahraga ringan seperti lari atau jogging, kardio, sepeda dan masih banyak lagi.

Aktivitas fisik seperti olahraga dapat membantu meningkatkan produksi hormon endorfin di dalam tubuh. Hormon endorfin sangat baik untuk menurunkan level stress yang menjadi salah satu pemicu haid yang tidak lancar siklusnya.

Lakukan Yoga

Jika tidak ingin berolahraga, Anda juga bisa mencoba melakukan yoga secara rutin. Lakukan yoga 35 sampai 40 menit per hari selama 5 hari dan rutin selama 6 bulan. Melakukan yoga rutin ternyata bisa menjaga kondisi hormon agar tidak terganggu siklus haidnya.

Yoga juga sangat baik untuk mengurangi kram saat menstruasi dan juga menstabilkan. Jadi anda terhindar dari.

Konsumsi Makanan

Selain aktivitas, Anda juga bisa memilih mengkonsumsi makanan tertentu yang dapat menormalkan periode menstruasi. Salah satunya Anda bisa mengkonsumsi rempah seperti kayu manis. Kayu manis tidak hanya cukup baik untuk menormalkan menstruasi tapi juga sebagai terapi bagi penderita PCOS.

Kemudian bisa juga konsumsi makanan yang punya kandungan vitamin D. Jenis vitamin ini dapat melancarkan siklus haid yang diakibatkan oleh PCOS. Anda juga bisa pilih konsumsi cuka apel sebanyak 15 gram untuk mendapatkan manfaatnya yaitu melancarkan haid.

Konsumsi cuka apel 15 gram per hari sebagai porsi yang tepat bisa langsung dikonsumsi atau dicampur air dan sedikit madu karena memang rasa cuka apel yang cukup mengganggu.

Sekarang Anda sudah tahu beberapa penyebab haid tidak lancar dan juga cara mengatasinya. Untuk tindak lanjut Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter agar mendapat pemeriksaan dan diagnosa yang tepat. Saat haid Anda wajib memilih pembalut yang aman dengan bahan berkualitas salah satunya dari merek Charm. Charm menghadirkan banyak pilihan produk pembalut wanita yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.